DENGAN TOPIK SOSIALISASI
SESI 1
A.
TOPIK
TAK
SP sosialisai
B.
LATAR
BELAKANG
TAK
: Isolasasi adalah upaya memfailitasi kemampuan sosialisasi sejumlah pasien
dengan masalah hubungan sosial.
Isolasi
sosial adalah keadaan dimana seorang individu mengalami penurunan atau bahkan
sama sekali tidak mampu berinteraksi dengan orang lain disekitarnya. Isolasi
sosial merupakan upaya klien untuk menghindari interaksi dengan orang lain,
menghindari hubungan orang lain maupun komunikasi dengan oran lain
(keliat,1998).
Isolasi
sosial adalah suatu gangguan hubungan interpesonal yang terjadi akibat adanya
kepribadian yang tidak fleksibe; yang menimbulkan perilaku mala adaptif dengan mengganggu
fungsi seorang dalam hubungan sosial. (depkes.2000).
C.
TUJUAN
1.
Tujuan umum
Klien mampu
mengenalkan diri dengan menyebutkan: nama lengkap, nama panggilan, asal, dan
hobi.
2.
Tujuan khusus
a.
Klien mampu bertanya dan menyebutkan
nama lengakap
b.
Klien mampu menyebutkan nama panggilan.
c.
Klien mampu menyebutkan asal.
d.
Klien mampu menyebutkan hobinya.
D.
LANDASAN
TEORI
1.
Pengertian TAK
TAK yang bertujuan
untuk membantu penanganan isolasi sosial mampu menyampaikan pendapat tentang
manfaat kegiatan kelompok yang telah dilakukan.
2.
Penggertian TAK sosialsisasi
TAK jumlah sosial
adalah sosialisasi meru[akan upaya
memfasilitasi kemampuan sosialisai sejumlah klien dengan mampu menyampaikan
pendapat tentang manfaat kegiatan kelompok yang telah dilakukan.
3.
Pengertian sosialisasi
Sosialsasi adalah
keadaan dimana seorang individu mengalami penurunan bahkan atau sama sekali
tidak mampu berinteraksi dengan orang lain disekitarnya.
4.
Jenis – jenis sosialisasi
a.
Kerusakan interaksi sosial
b.
Menarik diri
E.
KLIEN
1.
Karakteristik dan kriteria klien
a.
Klien mnarik diri telah mulai
melakukan interaksi interpersonal
b.
Klien kerusakan komunikasi verbal yang
telah terespon sesuai dengan stimulus.
2.
Prose seleksi
Seleksi yang dilakukan pada TAK ini
adalah observasi keadaan:
a.
Observasi keadaan klien
b.
Identitas klien sesuai kriteria
c.
Konsultasi dengan CI TAK
d.
Membuat kontrak dengan klien
3.
Daftar klien
Jumlah klien dalam TAK ada 7 orang,
berikut nama – namanya:
a.
Timan
Kondisi klien : menyendiri
b.
Rawan setiawan
Kondisi klien : kurang berinteraksi
c.
Ardiansyah
Kondisi klien : kurang berinteraksi
d.
Saparudin
kondisi klien : kurang berinteraksi
kondisi klien : kurang berinteraksi
e.
Sunar
Kondisi klien : myendiri
f.
Husni
Kondisi klien : menyendiri
g.
Erwin
Kondisi klien : menyendiri
F.
PENGORGANISASIAN
1. Sesi 1
Waktu pelaksanaan : 19 agustus 2011
Tempat : ruang kutilang
Jam :
09.00 WIB s/d 10.00 WIB
2. Tim terapi
Leader :
ARIS DIYANTO
Coleader :AGUNG NUGROHO
Observer : JAMAL FAHLEVI, WAYAN DEDI
Fasilitator : ANDREAS SONI AN,
ROBI WALTON SA,
MARTA ANGGARA,
JULIUS
HERI SAPUTRA
SANDI KURNIAWAN
3. Proses pelaksanaan
A. Persiapan
1.
Memilih sesuai dengan indikasi yaitu
isolasi sosial : menarik diri
2.
Membuat kontrak dengan klien
3.
Mempersiapakan alat dengan tempat
pertemuan
B. Setting tempat
Keterangan:
Co
leader
Fasilitator
Observer
fungsi diatas diantaranya:
1. Leader
Ø Menyusun
planing
Ø Mengarahkan
kelompok mencapai tujuan
Ø Sebagai
role model
Ø Memimppin
acara TAK supaya tertib
Ø Menyelesaikan
masalah yang timbul
2. Co leader
Ø Mengobservasi
setiap klien
Ø Mencatat
setiap proses yang terjadi dalam semua program perilaku
3. Fasilitator
Membantu leader dalam memfasilitasi
anggotanya untuk berperan aktif:
a.
Sebagai role model
b.
Yang memotivasi anggota.
c.
Mengemukakan pendapat dan umpan balik
C. Setting waktu
Ø Pembukaan
pengenalan
Ø Pelaksanaan
15 menit
Ø Ekpresi
perasaan 5 menit
Ø Terminasi
dan penutup 10 menit
D. Strategi pelaksanaan
1. Sesi TAK
a.
Tujuan umum
Klien mampu memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, asal dan hobi.
b.
Tujuan khusus
# klien mampu bertanya dan menyebutkan
nama lengkap
# klien mampu menyebutkan nama
panggilan
# klien mampu menyebutkan hobi
Ø Setting
1.
Klien dengan terapis duduk bersama
dalam lingkaran
2.
Ruangan nyaman
Ø Alat
1.
Handphone
2.
Bola tenis
3.
Kertas karton dan spidol
4.
Jadwal kegiatan
Ø Metode
1.
Dinamika kelompok
2.
Diskusi dan tanya jawab
3.
Bermain peran / stimulasi
Ø Langkah
– langkah
a.
Persiapan
1.
memilih klien sesuai indikasi, yaitu isolasi sosial: menarik diri
2.
membuat kontrak dengan klien
3. mempersiapakan alat dan tempat
pertemuan
b.
Orientasi
Pada tahap ini terapis melakukan :
v Memberi
salam terapeutik : salam terapetis
v Evaluasi
/ validasi : menayakan perasaan klien saat ini
v Kontrak
:
Menjelaskan tujuan yaitu
memperkenalkan diri
Menjelaskan cara bermain,berikut
caranya:
§ Jika
ada klien yang meninggalkan kelompok harus meminta izin kepada terapis.
§ Lama
kegiatan 30 menit
§ Setiap
klien yang mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai.
2. Tahap kerja
a.
Jelaskan kegiatan yaitu handphone akan
dihidupkan musiknya serta diedarkan berlawanan dengan arah jarum jam yaitu
kearah kiri dan pada saat handphone dimatikan musiknya maka anggota kelompok
yang memegang bola memperkenalkan dirinya.
b.
Kemudian handphone dihidupkan kembali
dan edarkan bola tenis berlawanan dengan arah jarum jam.
c.
Pada saat handphone dimatikan anggota
kelompok yang memegang bola mendapat giliran untuk menyebutkan salam, nama
lengkap, nama panggilan, hobi dan asal, dimulai dari terapis sebagai contoh.
d.
Tulis nama panggilan pada kertas/papan
nama tempelkan/pakai.
e.
Ulangi b,c dan d sampai semua anggota
kelompok mendapat giliran.
f.
Berikan pujian tiap keberhasilan
anggota kelompok dengan memberi senyum dan tepuk tangan.
3. Evaluasi / tahap terminasi
a.
Evaluasi
1.
Menyakan perasaan klien setelah
mengikuti TAK
2.
Memberi pujian atas keberhasilan
kelompok
b.
Rencana tindak lanjut
1.
Menganjurkan tiap anggota kelompok
melatih memperkenalkan diri kepada orang lain di kehidupan sehari – hari.
2.
Memasukkan kegiatan memperkenalkan
diri pada jadawal kegiatan harian klien.
c.
Contrak
1.
Menyepakati kegiatan berikut yaitu
berkenalan denagan anggota keompok.
2.
Menyepakati waktu dan tempat.
G.
EVALUASI
DAN DOKUMENTASI
Evaluasi
dilakukan pada saat proses TAK berlangsung, khususnya pada saat kerja dimulai
untuk menilai kemapuan klien melakukan TAK. Aspek yang dievaluasi adalah
kemampuan klien sesuai dengan tujuan TAK sesi 1 dan non verbal dengan
menggunakan formulir evaluasi berikut.
Sesi 1 : TAK
KEMAMPUAN MEMPERKENALKAN DIRI
a.
Kemampuan verbal
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
NAMA KLIEN
|
|||||||
1.
|
Mengenalkan nama
lengkap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menyebutkan nama
panggilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menyebutkan asal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Menyebutkan hobi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Kemampuan non verbal
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
NAMA KLIEN
|
|||||||
1.
|
Kontak mata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Duduk tegak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menggunakan
bahasa tubuh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mengikuti
kegiatan sampai akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunujuk:
1.
Dibawah judul nama klien, tulis nama
panggilan klien yang ikut TAK.
2.
X
|
3.
Jumlahkan kemapuan yang ditemukan,
jika nilai 3 atau 4 mampu, dan jika 0,1 dan 2 klien tidak mampu.
Dokumentasi
Dokumentasi
kemam[uan yang dimiliki klien ketika TAK pada catatan proses keperawatan tiap
klien, misalnya klien mengikuti sesi 1 TAK, klien mampu memperkenalkan diri
pada klien lain di ruang perawatan (buat jadwal).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar