laporan pkl bab 1



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang


Kesehatan merupakan salah satu modal penting dalam pembangunan kualitas sumber daya manusia. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera maka kualitas sumber daya manusianya perlu ditingkatkan secara terus menerus termasuk derajat kesehatannya.

Untuk meningkatkan derajat kesehatan manusia dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat perlu dilakukan upaya yaitu dengan membangun sarana-sarana kesehatan yang merata dan terjangkau oleh pemerintah dan masyarakat termasuk swasta secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatan dengan baik dan optimal,dengan adanya pembangunan sarana-sarana kesehatan tersebut pemerintah dan masyarakat mampu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup sehat.

Apotek merupakan salah satu sarana kesehatan yang diperlukan dalam menunjang upaya pelayanan kesehatan. Apotek adalah suatu tempat tertentu tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan farmasi. Perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat. ( Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 1998 dan Keputusan Menkes Nomor 1332/Menkes/SK/X/ 2002.

Akademi Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) Malahayati Bandar Lampung merupakan program Diploma III farmasi yang bertujuan menyiapakan tenaga kesehatan professional Asisten Apoteker yang dibutuhkan di unit-unit pelayanan farmasi (apotek, rumah sakit, took obat, dan puskesmas ) termasuk produksi, distribusi, pengolahan, pengendalian sediaan farmasi dan peralatan kesehatan.

Untuk mempersiapkan lulusannya telah disusun Kurikulum Pendidikan Diploma III Akademi Analis Farmasi dan Makanan yang berbasis kompetensi, yang mewajibkan mahasiswa dan mahasiswi semester akhir melaksanakan Praktek Kerja Lapangan pada instansi-instansi farmasi, kosmetik dan makanan. Praktek Kerja Lapangan tersebut bertujuan agar mahasiswa dan mahasiswi dapat mempraktekkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan secara nyata dengan sifat professional sesuai profesinya sehingga lulusan Ahli Madya Analis Farmasi dan Makanan (AKAFARMA) Malahayati Bandar Lampung dapat langsung terjun ke masyarakat nantinya dengan baik.

Dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan dalam pelayanan kesehatan penulis memilih Apotek Enggal Bagas, yang terletak di Jalan  Ki Maja Blok BB-3 Way Halim Permai, Bandar Lampung, karena kegiatan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Apotek tersebut sesuai dengan kurikulum yang ada di AKAFARMA UNiversitas Malahayati, Bandar Lampung.

1.2         Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

1.2.1    Tujuan Khusus

1.    Mengembangkan dan menerapkan disiplin ilmu pengetahuan mahasiswa dan mahasiswi yang telah diperoleh selama kuliah pada unit-unit pelayanan farmasi pada masyarakat sesuai dengan profesinya.
2.    Memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh ke dalam semua kegiatan yang terdapat pada Apotek secara nyata.
3.    Melatih dan mempersiapkan mahasiswa sebagai calon Asisten apoteker (AA) yang memiliki pengetahuan, keterampilan, inisiatif dan memiliki etos kerja yang tinggi serta bertanggung awab.
4.    Agar mahasiswa dan mahasiswi memperoleh pengetahuan yang belum pernah didapatkan selama proses perkuliahan.



1.2.2        Tujuan Umum

1.    Mempelajari semua struktur dalam suatu Apotek, mulai dari pembangunan.
2.    Melatih mahasiswa dan mahasiswi agar dapat berkomunikasi, bersosialisasi dan mengembangkan mental dengan baik dalam lingkungan kerja.
3.    Mengajarkan kepada mahasiswa dan mahasiswi tentang pentingnya kerjasama dalam dunia kerja.
4.    Mempelajari secara langsung kegiatan yang dilakukan di Apotek.

1.3         Waktu dan Tempat Pelaksanaan PKL

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan pada tanggal 1 Maret sampai dengan tanggal 30 Maret di Apotek Enggal Bagas, yang bertempat di Jalan Ki Maja Blok-3 Way Halim Permai, Bandar Lampung.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar