PROPOSAL KERJA PRAKTEK SISTEM PENGELOLAAN PERLIMBAHAN

I.                   PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Dan Masalah

Perkembangan dan penerapan teknologi dewasa ini hampir merambah keseluruhan bidang kehidupan. Tidak terkecuali dalam bidang industri. Sehingga pekerjaan – pekerjaan yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Terlebih industri disaat ini telah menghadapi Era Perdagangan Bebas yang memiliki persaingan yang ketat. Untuk itu perlu dipersiapkan Sumber Daya Manusia yang terampil dan kompetetif dalam mengakomodasi kemajuan tersebut.

Mahasiswa Teknik Lingkungan sebagai aset sumber daya manusia, merasa perlu memperdalam bidang keilmuannya terutama dilihat dari sisi aplikasi ilmu. Karena dibutuhkan wadah yang mampu untuk mengembangkan dan mengaplikasikan bidang keilmuannya tersebut.

Dalam hal ini, pihak industri dipandang tepat sebagai penyedia (fasilitator) bagi para mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang didapat pada lingkungan pendidikan, yang pada akhirnya diharapkan seorang mahasiswa / sarjana tidak hanya memahami pada segi teoritis saja tetapi sanggup melakukan praktek dalam dunia kerja untuk waktu kedepan.

Kerja praktek diharapkan mampu menjadi sarana pembelajaran, pemahaman, dan pengaplikasian disiplin ilmu mahasiswa di dunia industri. Sehingga terdapat hubungan timbal balik antara Lingkungan Pendidikan dan dunia Industri.






1.2  Tujuan Kerja Praktek

  1. Melaksanakan kurikulum yang telah diterapkan oleh Fakultas Teknik Universitas Malahayati
  2. Menciptakan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara Perguruan Tinggi dan dunia Industri
  3. Menambah wawasan mahasiswa tentang pengaplikasian disiplin ilmu yang diperoleh di Perguruan Tinggi
  4. Memberi sumbangsih saran / ilmu kepada pihak ildustri maupun Perguruan tinggi

1.3  Dasar Kerja Praktek
  1. Tri Dharma perguruan Tinggi
  2. Sebagai syarat untuk dapat mengambil Mata Kuliah Tugas Akhir


















II.                PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK


Waktu Dan Tempat kegiatan

Waktu             : 01 Juli  s/d  31 Juli 2011
Tempat            : PT. Nestle Beverages Indonesia di
                          Jl. Raya Bakauheni KM. 13 Srengsem Lampung 35243

2.2 Metode Kerja Praktek
Metode Kerja Praktek yang akan dilakukan selama pelaksanaan Kerja Praktek, antara lain adalah wawancara, observasi, penelaahan dokumen, dan pelatihan kerja.

2.2.1 Wawancara
Wawancara dilakukan kepada Manager bagian Lingkungan / Produksi, serta tenaga ahli. Dengan melakukan wawancara, maka diharapkan mahasiswa mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang sistem pengelolaan limbah dan dapat menyesuaikan dengan teori yang didapat di bangku perkuliahan.

2.2.2 Observasi
Observasi dilakukan melalui kunjungan langsung ke lokasi eksploitasi di kaji Kabupaten Musi Banyuasin Sumatra Selatan dan manajemen lingkungan (khususnya bagian lingkungan) dan mengamati jalannya proses produksi di pabrik. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana aplikasi teknologi yang digunakan oleh perusahaan dalam sistem pengelolaan kualitas lingkungan dan membandingkan dengan ilmu yang didapat diperguruan tinggi.

2.2.3 Penelaahan Dokumen
Penelaahan dokumen merupakan salah satu cara dalam memperoleh informasi mengenai data-data proses permesinan. Penelaahan dokumen dilakukan dengan melihat referensi buku perpustakaan ataupun hal-hal yang mengenai alat-alat produksi pabrik dan melihat laporan dari mahasiswa lain yang pernah melakukan Kerja Praktek serupa dilingkungan perusahaan.

2.2.4 Pelatihan kerja
Pelatihan kerja dilakukan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang bagai mana cara mengoprasikan, pengendalian, dan perawatan operasi permesinan yang dipergunakan oleh perusahaan.

2.2.5 Studi Kasus
Studi kasus merupakan salah satu materi kerja praktek yang berkaitan dengan bidang studi teknik lingkungan yang ada di perusahaan atau industri. Studi kasus ini di berikan oleh Dosen pembimbing atau oleh pihak perusahaan. Diharapkan Mahasiswa dapat memberikan solusi atau sumbang saran bagi Perusahaan atas kasus tersebut.

2.3  Pelaporan
            Data-data yang diperoleh selama melakukan Kerja Praktek akan disusun dalam bentuk Laporan Kerja Praktek, sesuai dengan format yang berlaku dilingkungan Universitas Malahayati.

2.4 Jadwal Kerja Praktek  
Jadwal untuk Kerja Praktek disesuaikan dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di PT. Nestle Beverages Indonesia. Dengan melakukan kunjungan, pengamatan, dan mempelajari serta memahami sistem pengelolaan Perlimbahan yang ada di PT. Nestle Beverages Indonesia.







III.             PENUTUP


Proposal ini dibuat sebagai pertimbangan rancangan pelaksanaan Kerja Praktek yang akan dilaksanakan di PT. Nestle Beverages Indonesia yang berloksi di Panjang. Dengan harapan dapat melaksanakan Kerja Praktek tersebut di lingkungan perusahaan tersebut.

Semoga dengan Kerja Praktek ini dapat memberikan manfaat yang berdaya guna untuk Mahasiswa, Universitas Malahayati, dan PT. Nestle Beverages Indonesia. Atas dukungan, perhatian, dan kerja sama dari semua pihak, kami ucapkan terma kasih.





Bandar Lampung, 15 April  2011

Yang Mengajukan Kerja Praktek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar