LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

¢
 
¢
¢DI INDUSTRI PT. INDOKOM SAMUDRA PERSADA
¢Jl. Ir Sutami KM 13 Tanjung Bintang, Lampung Selatan
¢ 
¢01 FEBRUARI – 28 FEBRUARI
¢
¢
¢
¢
¢
¢
¢Oleh :
¢
¢ 
¢
¢
¢BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Lampung merupakan salah satu provinsi yang berada dikawasan perairan sehingga kaya akan hasil lautnya. Hal itulah yang mendorong banyak perusahaan
yang berdiri di provinsi lampung. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang yang memproduksi udang yaitu PT. Indokom Samudra Persada
PT. Indokom Samudra Persada adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi perikanan beku, dengan produk utamanya adalah udang beku. Ada dua macam produk udang beku yang dihasilkan, berupa produk mentah dan value added product (produk olahan udang). Jenis produk mentah yang dihasilkan seperti jenis udang Black Tiger, White, dan Vannamei. Sedangkan produk olahan seperti Baso, Udang, Tempura, Nuget, Lumpia, dan Breaded. PT. Indokom Samudra Persada memiliki pasar produk yang relatif  luas mencakup kawasan Uni Eropa, Amerika, dan Jepang. Ketiga kawasan tersebut diidentifikasi memiliki potensi yang besar untuk pengembangan, volume, intensitas, dan kontinitas ekspor PT. Indokom Samudra Persada.
¢
Perusahaan PT. Indokom Samudra Persada juga melakukan pengujian Antibiotik dan Mikrobiologi. Pengujian ini di lakukan untuk mengidentifikasi sampel bahan baku yang akan diproduksi. Dengan adanya Praktek Kerja Lapangan ini mahasiswa dan mahasiswi mampu menerapkan ilmu yang telah dipelajari diperkuliahan.
Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Sehubungan dengan hal yang tersebut diatas maka PT. Indokom Samudra Persada merupakan suatu perusahaan yang tepat untuk mahasiswa dan mahasiswi Akademi Analis Farmasi dan Makanan, Universitas Malahayati, Lampung untuk melaksanakan PKL. Adapun tujuan dari PKL sendiri adalah sebagai berikut:
¢
1. Tujuan Umum
Memenuhi kurikulum yang telah ditetapkan oleh Akademi Analis Farmasi  dan Makanan, Universitas Malahayati, Lampung.
Mahasiswa dan mahasiswi mampu menerapkan ilmu Analis Farmasi   Makanan dan Minuman pada suatu lingkungan kerja.
Melatih mahasiswa dan mahasiwi untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dalam lingkungan kerja dan mengerti serta memahami dunia kerja yang sebenarnya.
 
2. Tujuan Khusus
Memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh ke dalam semua kegiatan yang terdapat pada industri secara nyata.
Agar mahasiswa dan mahasiswi memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang belum didapat selama proses perkuliahan.
¢
¢
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan selama satu bulan di PT. Indokom Samudra Persada yang berlokasi di Jl Ir. Sutami KM 13, Dusun Kemang, Desa Sukanegara, Kecamatan Tanjung Bintang, kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Dilaksanakan pada tanggal 01 Februari sampai 28 Februari 2011.
¢BAB II
DATA UMUM PERUSAHAAN
 Sejarah Perusahaan
 
Perseroan terbatas Indokom Samudra Persada merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan udang beku. Indokom Samudra Persada disahkan dalam Akte Notaris Imran Ma’ruf SH dengan nomor 09 pada tanggal 16 agustus 2001. Berdasarkan akte tersebut PT. Indokom Samudra Persada dinyatakan beralamat di Jl. Ir. Sutami KM 13, dusun kemang, kecamatan Tanjung Bintang, kabupaten Lampung Selatan. Perusahaan berdiri di atas lahan seluas 29.0553 m2 serta luas bangunan 14.215 m2. Bernomor registrasi 252/HO/2000, izin dagang bernomor 59/07-01/PM/IX/2000. Perusahaan ini didirikan di Provinsi lampung dengan pertimbangan bahwa lampung merupakan daerah yang strategis, dimana di daerah ini tersedia bahan baku yaitu udang yang cukup melimpah serta ketersediaan tenaga kerja dari penduduk sekitar. Jarak perusahaan dari pusat bahan baku sendiri yaitu ±60 km (daerah tambak udang di lampung). Sedangkan dari pusat kota Bandar Lampung sendiri berjarak ±15 km.
¢
Perusahaan PT. Indokom samudra persada adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang perikanan. Dimana bahan baku yang digunakan adalah udang yang diperoleh dari tambak milik perusahaan dan dari nelayan. Perusahaan ini tidak hanya berperan sebagai penyedia yang memenuhi keinginan dari pembeli, akan tetapi menghasilkan produk dengan merek perusahaan sendiri.
Produk akhir yang dihasilkan oleh PT. Indokom Samudra Persada sendiri adalah berupa produk udang beku. Ada dua macam produk udang beku yang dihasilkan berupa produk mentah dan matang. Hasil dari produk akhir dari perusahaan adalah berupa produk ekspor. Negara yang biasa menerima produk PT. Indokom Samudra Persada adalah amerika dan jepang, tetapi selain itu juga masih banyak negara lainnya.
¢
¢BAB III
TINJAUAN KHUSUS
DI PT. INDOKOM SAMUDRA PERSADA
A. Direktur Umum
Bagian ini mencangkup dari semua aspek terhadap pengawasan produk  dan mutu dari produk yang dihasilkan melalui sistem pengujian organoleptik.
Pengujian organoleptik merupakan cara pengujian dengan menggunakan indra manusia sebagai alat utama untuk mengukur daya penerimaan terhadap makanan. Pengujiannya ditunjukkan terhadap atribut mutu yang terdiri dari penampakan bau, rasa, konsisten. Pengujian organoleptik mempunyai peranan yang sangat penting dalam penerapan mutu, karena masih banyak faktor-faktor yang ada dalam makanan tetapi tidak dapat diukur dengan uji mikrobiologi dan uji mikroorganisme. Selain itu juga pada proses pengujian organoleptik dibutuhkan kepekaan, karena yang digunakan pada metode ini adalah indra manusia. Bila indra manusia yang digunakan kurang peka maka akan mengalami kesalahan pada proses pengujiannya.
¢
¢
B. Direktorat Produksi
Produksi yang dilakukan di perusahaan PT. Indokom Samudra Persada memiliki alur proses yang panjang sebelum menjadi produk akhir. Alur proses yang dilakukan di perusahaan ini adalah sebagai berikut: 
1. Bahan Baku
2. Receiver
3. Potong Kepala (PK)
4. Final
5. Pengupasan Kulit Final
6. Pembelahan
7. Pencukitan
8. Perendaman (Soaking)
9. Cook product
10. Pembekuan (Freezing)
¢
11. Pengemasan
12. Penyimpanan
¢
C. Direktorat Quality Control (QC)
Tugas Direktorat Quality Control adalah menjaga kualitas produknya. Karena produk makanan ada batasan atau standar pada setiap jenis mikroba yang boleh terkandung. Selain uji mikrobiologi perusahaan juga melakukan uji-uji lain akan tetapi uji-uji tersebut dilakukan bila pembeli meminta dilakukan pengujian untuk produk yang mereka inginkan. Pengujian untuk bahan baku ada 2 pengujian yang dilakukan, yaitu uji secara kimia dan uji biologi.
¢
¢
¢BAB IV
PEMBAHASAN
 
Pada saat penerimaan bahan baku dilakukan uji secara kimia maupun biologi terhadap udang yang baru datang dari pemasok. Namun selama PKL yang dilakukan hanya pengujian mikrobiologi. Hal ini merupakan upaya pencegahan secara dini untuk meminimalkan bahaya yang dapat menurunkan kualitas produk. Bahaya pada bahan baku udang dapat berupa mikroba yang berasal dari habitatnya atau bahaya kimia untuk mengawetkan dan menjaga penampakan udang tetap bagus.

Analisa mutu dari setiap produksi berhubungan langsung dengan mutu dari akhir suatu produk. Sehingga bila analisa dari semua proses pengujian baik, maka akan diperoleh mutu yang memenuhi standar sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Hal ini berarti bahwa hasil dari suatu analisa yang dilakukan terhadap mutu suatu produk akan menentukan langkah-langkah lebih lanjut bagi proses selanjutnya.
¢
Perusahaan PT. Indokom Samudra Persada sangat mengedepankan mutu dari produk akhir yang dihasilkan, maka dari itu untuk analisa yang dilakukan sangat mendapat perhatian cukup serius dari manajemennya. Adapun uji yang dilakukan dilaboratorium untuk proses pengawasan mutu produk ada beberapa jenis yaitu pengujian mikrobiologi dan antibiotik.
¢
¢BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
        setelah melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Indokom Samudra Persada selama satu bulan dari tanggal 01 Februari sampai 28 Februari, dapat disimpulkan:
1.Semua bahan yang digunakan baik yang berkontak langsung dengan proses produksi maupun yang tidak digunakan bahan-bahan tersebut telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
2.mutu pada produk udang beku yang dihasilkan dapat dipertahankan dari lini awal sampai lini akhir dengan penambahan es flake agar tidak terjadi kontaminasi dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri, dengan cara menjaga suhu kurang dari 5C.
B .   Saran
1.Setelah melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Indokom Samudra Pesada berdasarkan pengamatan yang dilakukan, maka penulis memberi saran yang mungkin bermanfaat bagi kemajuan perusahaan, saran yang ingin penulis berikan antara lain:
¢
1. Di dalam produksi di PT. Indokom Samudra Persada diharapkan memperhatikan sarung tangan karyawan agar diganti 2 sampai 3 kali ganti dalam seharian kerja untuk menjaga kontak langsung tangan dengan produk dan untuk menjaga kualitas bahan baku dari produk tersebut tidak terkontaminasi.
2.  Diperlukan pengawasan pada para pekerja borongan agar selalu dilakukan penambahan es pada bahan baku udang yang telah mencair yang sebelumnya telah ditambahkan untuk menjaga agar bahan baku tetap segar.
3.  Diperlukan pengawasan pada proses pengemasan produk udang beku yang blok diharapkan hati-hati dalam pengemasan dan cara mengoper kesatu orang dan yang lainnya agar produk tidak rusak untuk menjaga kerugian perusahaan.
¢

Tidak ada komentar:

Posting Komentar